Mr. Babah

Penjaga Kandang VPN.BABAH.ORG

Prediksi yang keliru dari beberapa tokoh terkenal

0 Flares Filament.io 0 Flares ×


Banyak orang dengan gampang bicara, “Ini akan menjadi begini” atau “Itu tidak akan seperti itu jadinya”, ternyata mereka keliru. Beberapa dari kita sering memprediksi sesuatu yang belum terjadi, dan ternyata keliru !. Bahkan seorang pakar sekalipun bisa keliru.

Berikut ini beberapa terburuk dan meleset, yang akhirnya terbukti tidak sesuai dengan kenyataannya.

Spoiler for 1:
Secara teoritis, televisi mungkin bisa menjadi kenyataan, tetapi saya mempertimbangkannya sebagai sebuah ketidakmungkinan – Dalam upaya pengembangannya, kita hanya akan menghabiskan waktu untuk memimpikannya.

(Lee de Forest, 1926, pencipta dari tabung sinar katode)

Nasib televisi ternyata tidak seperti ramalan Lee de Forest. Pada tahun 1927, setahun kemudian, setelah Lee de Forest menyatakan keraguannya, Philo T Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun. Gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja televisi. Di tahun 1929 – Vladimir Zworykin dari Rusia menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescope. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT. Pada tahun1940 Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis. Perkembangan teknologi pertelevisian kemudian masju sangat pesat. Di tahun 1964 diperkenalkan prototipe sel tunggal display Televisi Plasma (LCD) pertama yang diciptakan oleh Donald Bitzer dan Gene Slottow, yang kemudian dilanjutkan oleh Larry Weber. Selain teknologi LCD pada tahun 1979 perusahaan Kodak berhasil menciptakan tampilan jenis baru Organic Light Emitting Diode (OLED). Dan tahun 1981 Stasiun Televisi Jepang, NHK mendemonstrasikan teknologi HDTV dengan resolusi mencapai 1.125 garis.

Di masa sekarang hampir setiap rumah sudah ada televisinya, bahkan ada beberapa keluarga yang setiap anggota keluarganya memiliki televisi sendiri. Penggunaan televisi semakin meluas dengan ditemukannya teknologi telepon selular yang membuat orang bisa menonton televisi dimana saja secara mobile.

Spoiler for 2:
Aku pikir penjualannya di pasar dunia mungkin lima komputer saja.

(Thomas J. Watson, 1943, Ketua Dewan Komisaris dari IBM)

Laporan lembaga penelitian Gartner, penjualan komputer baik laptop maupun dekstop diperkirakan mencapai 257,1 juta unit pada tahun 2007, naik 11,1 persen dibanding penjualan tahun sebelumnya yang mencapai 231,5 juta unit atau 51,42 juta kali dari jumlahh yang diprediksikan oleh Thomas J. Watson.

(IT News, Jumat 29 Juni 2007)

Spoiler for 3:
Tidak peduli apa yang dilakukannya, ia tidak akan pernah bernilai apa-apa.

(Guru Albert Einstein kepada ayahnya, 1895)

Meskipun Albert Einstein kecil mengalami gangguan belajar disebabkan adanya indikasi dyslexia, sifat pemalu, atau karena struktur yang jarang dan tidak biasa pada otaknya (diteliti setelah kematiannya), namun dia berhasil menerima diplomanya pada tahun 1896. Setahun setelah gurunya menyampaikan kegagalan Einstein dalam menempuh tes masuk Eidgenössische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal, di Zurich) pada tahun 1895 untuk bidang seni liberal. Karena kegagalan tersebut Eintein muda dikirim kembali ke Aarau, Swiss, untuk menyelesaikan sekolah menengahnya.

Pada tahun 1900, dia diberikan gelar untuk mengajar oleh Eidgenössische Technische Hochschule dan diterima sebagai warga negara Swiss pada 1901. Dia kemudian mendapatkan pekerjaan sebagai asisten teknik pemeriksa di Kantor Paten Swiss pada tahun 1902. Di sana, Einstein menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengetahuan fisika. Pada 1904, posisi Einstein di Kantor Paten Swiss menjadi tetap. Dia kemudian mendapatkan gelar doktor setelah menyerahkan thesis “Eine neue Bestimmung der Moleküldimensionen” (”On a new determination of molecular dimensions“) pada tahun 1905 dari Universitas Zürich. Setahun sebelumnya atau 6 Januari 1903 ia menikahi Mileva, seorang matematikawan yang kemudian melahirkan anak pertama mereka, Hans Albert Einstein pada 14 Mei 1904.

Di tahun yang sama dia menulis empat artikel yang memberikan dasar fisika modern, tanpa banyak sastra sains yang dapat ia tunjuk atau banyak kolega dalam sains yang dapat ia diskusikan tentang teorinya. Banyak fisikawan setuju bahwa ketiga thesis itu (tentang gerak Brownian, efek fotolistrik, dan relativitas khusus) pantas mendapat Penghargaan Nobel. Tetapi hanya thesis tentang efek fotoelektrik yang mendapatkan penghargaan tersebut. Ini adalah sebuah ironi, bukan hanya karena Einstein lebih tahu banyak tentang relativitas, tetapi juga karena efek fotoelektrik adalah sebuah fenomena kuantum, dan Einstein menjadi terbebas dari jalan dalam teori kuantum. Yang membuat thesisnya luar biasa adalah, dalam setiap kasus, Einstein dengan yakin mengambil ide dari teori fisika ke konsekuensi logis dan berhasil menjelaskan hasil eksperimen yang membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade.

Dia menyerahkan thesis-thesisnya ke “Annalen der Physik“. Mereka biasanya ditujukan kepada “Annus Mirabilis Papers” (dari Latin: Tahun luar biasa). Persatuan Fisika Murni dan Aplikasi (IUPAP) merencanakan untuk merayakan 100 tahun publikasi pekerjaan Einstein di tahun 1905 sebagai Tahun Fisika 2005.

Memang kita tidak boleh meremehkan kemampuan orang lain!

Spoiler for 4:
Mungkin akan bertahun-tahun – yang pasti tidak di masaku – seorang wanita akan bisa menjadi Perdana Menteri.

(Margaret Thatcher, 1974)

Setahun kemudian pada tahun 1975 ia diangkat sebagai Ketua Partai Konservatif. Dan pada pemilihan tahun 1979 dia terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris. Dia menduduki jabatan Perdana Menteri Inggris selama tiga kali masa pemilihan hingga tahun 1990 saat dia mengundurkan diri. Margaret Thatcher ternyata keliru mengemukakan prediksi mengenai dirinya sendiri. Dia ternyata menjadi wanita pertama yang memimpin sebuah partai politik di Inggris, wanita pertama yang menjabat sebagai Perdana Menteri di Inggris, dan Perdana Menteri terlama yang memegang jabatan tersebut.

Spoiler for 5:
Telepon ini mempunyai terlalu banyak kekurangan untuk diperlakukan serius sebagai alat komunikasi. Alat ini selamanya tidak berguna bagi kita.

(Internal memo dari Western Union Telegraph Company, 1876)

Pada tahun yang sama dengan pernyataan tersebut, Alexander Graham Bell mempatenkan telepon sebagai penemuanya pada tahun 1876, dan mendirikan perusahaan Bell Telephone dimana kemudian pusat telepon lokal diizinkan di seluruh ibu kota negara bagian di AS. AT&T didirikan pada tahun 1885 untuk disambungkan dengan perusahaan Bell setempat. Logo mereka dibaca menjadi “The Bell System: AT&T and Associated Companies”.

Dalam 1913 AT&T disetujui untuk mendapatkan monopoli yang diatur oleh pemerintah. Kompetisi dimulai pada tahun 1956, ketika pengadilan menolak tuntutan FCC (Federal Communication Commission) atas kasus Hush-a-Phone milik Tom Carter, suatu alat yang menjatuhkan ketenaran telepon. Alat tersebut membuat pemakainya bisa berbicara dengan suara lebih lembut dari penggunaan telepon biasa. Itulah barangkali sebab diputusnya monopoli telepon AT&T.

Keputusan pengadilan memenangkan Hush-a-Phone milik Tom Carter ternyata membuka peluang bagi teknologi 110 dan 300 bit per detik dari terminal-terminal komputer yang digabungkan secara akuistik, seperti yang kita lihat sekarang ini.

Mr. Carter kemudian kembali ke pengadilan dengan Carterphonenya, suatu alat yang mampu memasukkan panggilan radio ke dalam jaringan telepon. Pada tahun 1968 pengadilan memutuskan Carterphone diizinkan mengoneksikan peralatannya secara langsung kepada jaringan AT&T. Dan hal ini menciptakan satu peluang untuk banyak pesaing.

Pada pertengahan tahun 1970-an mesin facsimile digital pertama menjadi populer di Jepang, karena mempunyai suatu kelebihan, lebih bersih hasilnya dibanding teknologi seperti telex. Selain itu mesin facsimile mudah digunakan dan cepat pengirimannya. Dari waktu ke waktu, facsimile semakin berkembang dan pada pertengahan tahun 1980-an mesin facsimile menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Layanan telepon sellular / telepon genggam / mobile phone untuk pertama kalinya secara komersil diluncurkan di Jepang oleh NTT pada tahun 1978. Pada bulan Nopember 2007, jumlah nomor langganan telepon genggam di seluruh dunia telah mencapai angka 33 milyar, atau separuh dari populasi manusia (walaupun beberapa nomor dari para pemakai yang mempunyai banyak nomor atau langganan-langganan non aktip). Sekarang penggunaan telepon sellular meluas sehingga menjadi alat elektronik yang paling umum di dunia. Alat yang diprediksikan tidak berguna ini sekarang menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia!

Spoiler for 6:
Kita tidak menyukai suara mereka, dan musik dengan gitar sudah ketinggalan zaman.(Decca Recording Co. menolak Beatles, 1962).

Di dalam suatu pertemuan dengan kelompok The Beatles di North End Music Store pada tanggal 10 Desember 1961, Brian Epstein mengusulkan gagasan untuk memanajeri group the Beatles dan menandatangani kontrak lima tahun dengan Epstein pada tanggal 24 Januari 1962. Ia lalu membentuk perusahaan manajemen NEMS Enterprises. Epstein memimpin The Beatles untuk mencari kontrak rekaman di Inggris. Kaempfert yang lalu setuju untuk melepaskan The Beatles dari kontrak dengan Polydornya.

Di sebuah pertukaran yang sangat terkenal sekarang ini, Eksekutif Decca Records A&R, Dick Rowe menampik Epstein hingga patah semangat dengan memberi tahu kepadanya, “grup penyanyi dengan gitar tergolong sudah ketinggalan zaman, Mr. Epstein”. Sementara Epstein sedang bernegosiasi dengan Decca, ia juga mendekati Eksekutif Pemasaran EMI, Ron White. White yang merasa bukan seorang produser rekaman kemudian menghubungi produser EMI, Norrie Paramor, Walter Ridley, dan Norman Newell; ketiga-ketiganya menolak untuk merekam The Beatles. White tidak mengadakan pendekatan dengan staf produser yang keempat dari EMI, yakni George Martin yang sedang berlibur pada saat itu. Beatles kembali ke Hamburg dari tanggal 13 April sampai dengan 31 Mei 1962, di mana mereka melaksanakan pada pembukaan The Star Club.

Setelah kegagalan untuk teken kontrak dengan Decca Records, Epstein mendatangi Toko HMV di Oxford Street, London untuk memindahkan tape-tape Decca ke dalam disk-disk. Di sana, insinyur perekaman Jim Foy mengajukannya kepada Sid Coleman, yang menjalankan kekuasaan penerbitan publikasi EMI. Epstein pada akhirnya berjumpa dengan George Martin, yang menandatangani kelompok itu dengan label Parlophone EMI untuk kontrak bermasa satu tahun yang dapat diperbaharui.

Perjuangan kelompok musik The Beatles penuh liku dan perjuangan hingga mulai mencapai sukses dengan masuknya lagu “Love Me Do” dalam pemilihan Top Tangga Lagu Terpopuler di USA dan menduduki tangga lagu pertama selama 18 bulan kemudian.

Keberhasilan The Beatles dalam dunia rekaman dan bisnis musik semakin memuncak dan kemudian perlahan redup sampai anggota grupnya masing-masing mulai bersolo karir, dan ditutup dengan tragedi kematian vokalisnya, John Lennon yang ditembak oleh penggemarnya sendiri. Namun bagaimanapun kehadiran The Beatles tetap mengisi hati pemujanya hingga saat ini.

Sekali lagi jangan pernah meremehkan kemampuan orang lain.

Spoiler for 7:
Siapa orang bodoh yang mau mendengar pembicaraan para aktor?
(Harold Morris “Harry” Warner, Warner Brothers, 1927)

Perkembangan selanjutnya, yang seperti kita ketahui adalah film-film sangat diminati di mana-mana hampir di seluruh dunia, dan para aktor-aktornya semakin dipuja serta sebagian besar hidup dalam kemewahan dan ketenaran. Sedangkan Warner Brothers sendiri menjadi salah satu perusahaan pembuat film terbesar hingga saat ini, dan Harold Morris “Harry” Warner juga menjadi kaya karena jasa aktor-aktor yang dihinanya.

Spoiler for 8:
640K memori sudah cukup untuk siapapun. (Bill Gates, 1981)

Dalam sebuah wawacara dengan Bloomberg Business News pada tahun 1996 Bill Gates membantah bahwa dia pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu. Berikut petikan wawancaranya :

PERTANYAAN: Saya membaca di sebuah koran bahwa dalam tahun 1981 anda berkata, 640K dari memori sudah cukup untuk sesiapapun.” Apa maksud Anda ketika anda berkata seperti itu?

JAWABAN: Saya memang pernah mengatakan beberapa hal yang bodoh dan beberapa berbagai hal yang salah, tetapi bukan yang seperti itu. Tidak ada seorang pun yang terlibat dalam pengembangan komputer akan berkata bahwa suatu jumlah tertentu untuk memori adalah cukup untuk selamanya.

Kebutuhan memori untuk komputer akan terus meningkat seiring dengan peningkatan perangkat lunak yang semakin tangguh. Sebenarnya, setiap dua tahun jumlah ruang yang diperlukan oleh alamat memori untuk menjalankan perangkat lunak apa pun dalam waktu yang normal adalah kira-kira duakalinya. Hal ini sudah diketahui dengan baik.

Ketika IBM memperkenalkan Personal Computernya pada tahun 1981, banyak orang mempertanyakan peran Microsoftnya. Kritikus-kritikus berkata komputer-komputer 8-bit yang mempunyai 64K ruang alamat memori akankah bertahan selamanya. Mereka berkata kita melakukan pemborosan yang besar pada pemrograman 8-bit menuju 16-bit.

Kita di Microsoft tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Kita mengetahui bahwa komputer 16-bit dengan 640K memori address space akan cukup hanya untuk waktu empat atau lima tahun.

(PC IBM mempunyai 1 megabyte memori address space ruang. Tetapi 384K ditugaskan kepada tujuan-tujuan khusus, meninggalkan 640K memori yang tersedia. Dari sinilah “penghalang 640K” yang dirumorkan sampai sekarang itu berasal).

Beberapa bertahun-tahun kemudian, Microsoft mendapatkan angin segar dengan mengeluarkan prosesor Intel dari kehadiran 386 microchip yang memberikan 32-bit address space untuk memori. Sistem operasi modern sekarang dapat mengambil keuntungan potensial memori yang lebih besar. Tetapi bukan berarti 32 bit address space cukup untuk selamanya.

Jadi pada akhirnya kutipan kata-kata Bill Gates yang mengatakan bahwa 640K dari memori adalah cukup untuk siapa pun adalah tidak benar dan hanya merupakan isu yang menyenangkan untuk diulang-ulang.

Siapa, sih yang pertama kali mengatakan bahwa pernyataan itu diungkapkan oleh Bill Gates ?

Spoiler for 9:
Teori Louis Pasteur tentang bibit virus adalah fiksi yang menggelikan. (Pierre Pachet, Profesor Ilmu Alam pada Toulouse, 1872)

Louis Pasteur (Desember 27, 1822 –September 28, 1895) adalah seorang ahli kimia dari Prancis dan ahli mikrobiologi terbaik yang dikenal dengan terobosan-terobosannya yang luar biasa disebabkan perhatiannya dalam mencari penyebab-penyebab penyakit dan pencegahannya. Eksperimen-eksperimennya mendukung teori bibit kuman penyakit, juga mengurangi angka kematian akibat demam setelah melahirkan, dan ia menciptakan vaksin yang pertama untuk penyakit anjing gila.

Ia adalah yang terbaik yang dikenal oleh orang banyak untuk menemukan suatu metoda untuk mencegah susu dan anggur menjadi penyebab penyakit – proses ini dikenal sebagai sterilisasi. Ia dihormati sebagai salah satu dari tiga pendiri utama mikrobiologi, bersama-sama dengan Ferdinand Cohn dan Robert Koch. Ia juga membuat banyak penemuan-penemuan dalam bidang ilmu kimia, khususnya ketidaksamaan struktur dari crystals (the asymmetry of crystals).

Semua penelitian tentang virus dan vaksin saat ini berawal dari pemikiran cemerlang Louis Pasteur yang diremehkan sebagai fiksi yang menggelikan tersebut.

Spoiler for 10:
Komputer-komputer rumahan di masa depan beratnya bisa mencapai 1,5 ton. (Popular Mechanics, meramalkan perjalanan ilmu pengetahuan yang menyedihkan, 1949)

Di kemudian hari Douglas Englebart mengerti bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar pada tahun 1968. Tetapi 14 tahun yang lalu, Popular Mechanics mengerti dengan sepenuhnya bahwa itu salah. Itu adalah pemikiran mereka tentang Komputer Rumah di masa depan, yang dipublikasikan pada terbitan 10 Desember 1954. Meski demikian adalah lucu untuk melihat bagaimana masa depan Personal Computer melalui kaca mata teknologi tahun 1950-an. Selain itu, anda harus memberi mereka utang untuk meramalkan fakta bahwa komputer akan menjadi populer di rumah-rumah.

Ternyata berita yang dipublikasikan itu adalah sebuah hoax. Gambar itu adalah manipulasi dari sebuah foto yang nyata (yang ditunjukkan di sini) dengan menggambarkan secara penuh sebuah kamar mesin yang terdapat di dalam sebuah kapal selam bertenaga nuklir, salah satu bagian dari barang yang dipamerkan Smithsonian. Ada-ada saja.

Tetapi marilah kita menghadapinya, hoax tersebut adalah sebuah ilustrasi yang manis yang merupakan fakta bahwa ramalan-ramalan kita tentang masa depan sering kali tidak tepat. Suatu kutipan di tahun 1949 pada edisi dari Popular Mechanics yang menyatakan, “Komputer-komputer di masa depan beratnya bisa mencapai 1,5 ton.” Dan Ken Olson, dari Digital Equipment Corp adalah dengan kutipan kalimatnya yang terkenal mendalilkan, “Tidak ada alasan bagi siapapun untuk menginginkan sebuah komputer di dalam rumah mereka.”

Dan kenyataannya sekarang komputer sudah menjadi begitu populer di seluruh dunia. Penemuan microchip memungkinkan sebuah komputer tidak perlu menjadi seberat 1,5 ton sekarang ini.

&background



















0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 Filament.io 0 Flares ×

,


RSS Feeds

Agustus 2020
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori

Arsip

Data Statistik

Sejak : 85.
Sudah tampil sebanyak 85 kali.
Browser Anda : .
IP Anda : 77.88.5.21.
Sistem Operasi Anda : .

Arus Pengunjung


Peringkat Situs

Sumbangan


0
Unique
Visitors
Powered By Google Analytics
Pasang iklan anda disini